Manfaat Makanan Pedas

Manfaat cabai

Manfaat Makanan Pedas - Makanan pedas menjadi salah satu menu yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan rasanya kurang pas, jika kita makan tidak dicampur dengan sambal, yang dapat menggugah selera makan kita.

Namun taukah Anda, jika makanan pedas yang dikonsumsi dengan porsi yang tepat, bisa memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh kita. Sensasi pedas di lidah tidak hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah penyakit.

Sudah berabad-abad lamanya, cabai telah difungsikan sebagai penyembuh alami untuk peradangan dan juga melancarkan peredaran darah. Faktanya, dengan sirkulasi darah yang lancar, tubuh akan lebih cepat untuk regenerasi sel-sel rusak dan juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Rasa pedas yang berasal dari cabai, memiliki kandungan capsaicin yang sangat efektif menjaga kekebalan tubuh. Selain memelihara sistem imun, makanan pedas juga punya beragam manfaat lainnya.

Dirangkum dalam beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki beberapa khasiat.

1. Makanan Pedas Dapat Menyehatkan Jantung

Kandungan capsaicin pada makanan pedas dapat mempengaruhi pembuluh darah dan juga membuatnya lebih lebar, sehingga berkhasiat menurunkan tekanan darah. Capsaicin juga bisa membantu mencegah pembekuan darah.

Selain itu, cabai yang terdapat dalam makanan pedas juga bisa membantu mengatasi kerusakan pembuluh darah, dan juga menurunkan kadar kolesterol, sehingga efektif dalam mencegah terjadinya serangan jantung.

2. Makanan Pedas Dapat Meningkatkan Metabolisme

Bukan sebuah kebetulan kita mengeluarkan kerinagat saat berolahraga dan saat makan makanan pedas.

Berbagai penelitian telah mengaitkan, senyawa yang memberikan cabai rasa pedas (capcaisin) dengan dorongan metabolisme, yang dapat membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat setelah makan.

3. Makanan Pedas Dapat Menurunkan Berat Badan

Makanan pedas ternyata juga dapat meningkatkan suhu tubuh, serta meningkatkan pembakaran lemak hingga 16 persen. Hal ini membuktikan kalau tubuh bisa membakar kalori lebih cepat dengan makanan pedas.

4. Makanan Pedas Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sejatinya, semua orang memiliki sel kanker di dalam tubuh. Tapi bagaimana sel itu tumbuh bergantung dari gaya hidup yang kita jalani. Kandungan kurkumin pada makanan pedas ternyata memiliki khasiat yang luar biasa dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kurkumin efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker serta mencegahnya. Para peneliti menemukan,  bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kurkumin dapat memperlambat pertumbuhan kanker serviks, kanker payudara, kanker perut, dan penyakit lainnya. Sedangkan, capsaicin bisa membunuh 80 persen sel kanker dan tanpa membuat sel yang normal terluka.

5. Makanan Pedas Dapat Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan peredaran darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Sedangkan, capsaicin dapat juga membunuh bakteri H.pylori yang merupakan penyebab penyakit maag.

6. Makanan Pedas Dapat Meningkatkan Mood

Cabai merah dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri, serta memberikan perasaan nyaman dan rilex. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan depresi dan stres.

7. Makanan Pedas Dapat Menghilangkan Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.