Kisah Sukses Sambal Bu Rudy, Sang Legenda Sambal Kemasan Indonesia

Kisah Sukses Sambal Bu Rudy - Di usianya yang tergolong senja, semangat beliau untuk terus berkarya tak pernah pudar. Wanita asal Madiun kelahiran 10 Oktober 1953 ini masih sangat lincah dan cakap dalam mengelola usahanya.

sambal bawang bu rudy

Sambal udang kemasan hasil karya bu Rudy ini sudah hampir dikenal di seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi yang hobi jalan-jalan dan pemburu oleh-oleh.

Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Kisah Awal Sambal Bu Rudy

madiun
madiun 1980

Pemilik nama asli Lanny Siswadi ini sudah terbiasa bekerja keras dari kecil. Bu Rudy bukan berasal dari keluarga yang berkecukupan, bahkan dari kecil beliau sudah harus menanggung beban keluarga dan menjadi tumpuan tulang punggung. 

Pada tahun 1970, bu Rudy memutuskan untuk mencari peruntungan dengan mengadu nasib di Surabaya.

Baca Juga: Peluang Usaha Sambal Kemasan

Hanya berbekal ilmu sekolah dasar dan tenaga, bu Rudy melakukan segala hal yang bisa dikerjakan asalkan halal dan bisa mendapatkan upah secukupnya.

Awal Perjalanan Bisnis

SIngkat cerita, akhirnya Lanny menemukan sang pujaan hati. Lanny menikah dengan seorang pria bernama Rudy Siswadi pada awal tahun 1978. Mereka mengawali bisnisnya dengan berjualan sepatu di pasar Turi.

sambel bu rudi
Bu Rudy dan Suami

Sang suami mempunyai kegemaran tersendiri, beliau sering menghabiskan waktunya dengan memancing, sehingga bu Rudy sering diberi ikan hasil kegemaran dari sang suami. 

Karena itulah Bu Rudy mengolah ikan hasil tangkapan suaminya dan sering mengundang rekan-rekannya untuk mencicipi masakannya dirumah. 

Karena rasanya yang enak, kawan kawannya kemudian menyarankan agar bu Rudy menjual masakannya tersebut. Disitulah awal kisah pemilik restoran dengan 5 cabang dimulai.

Sempat Terjatuh

Perjalanan usaha tak selamanya mulus. Si Jago merah melalap pasar Turi hingga tak tersisa termasuk kios sepatu bu Rudy. Tak kenal putus asa, di awal tahun 2000 pasangan suami istri itu kemudian banting setir dan fokus menjual masakan di Surabaya.

Restoran Bu Rudy

sambel bu rudi surabaya

Seiring berjalannya waktu, usaha makanan bu Rudy semakin berkembang. Menu yang disajikan pun khas masakan Jawa. Pilihan menu juga silih berganti tiap harinya.

Karena kelezatan sambal udangnya, mulailah banyak permintaan untuk membeli sambal udangnya saja secara terpisah terpisah. 

Awalnya beliau kebingungan. Pasalnya, sambal yang sudah diaduk aduk pasti akan terasa kurang sedap jika dikonsumsi.

Akhirnya bu Rudy memutuskan untuk mulai mengemas sambal udang bikininannya ke dalam botol plastik.

Baca Juga: Peluang Usaha Reseller Sambal Kemasan

Hanya dari mulut ke mulut dan tanpa iklan, usaha bu Rudy berkembang sangat pesat. Restoran bu Rudy memiliki 6 cabang dan tidak pernah sepi. Sambal kemasan yang awalnya hanya sambal udang, kini sudah memiliki banyak varian.

Tak tanggung-tanggung, bu Rudy bisa mengirim setidaknya 2000 botol sambal perhari. Penyebarannya tidak hanya di kota Surabaya, tapi juga terkirim hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

harga sambal bu rudy

Beliau sendiri menolak istilah restoran untuk usahanya. Bu Rudy lebih suka disebut depot atau rumah makan. Alasannya karena menu yang tersedia selalu berbeda beda setiap harinya. 

Menu yang disajikan adalah menu sehari hari seperti: Seperti pecel usus, aneka pepes, juga sayur lodeh khas buatannya. Dan hebatnya, 80% proses memasak ini masih beliau tangani langsung hingga sekarang. 

Bisnis kuliner dibangunnya tanpa perencanaan yang rumit. Sederhana saja niat beliau, Bu Rudy hanya  ingin memberikan citarasa masakan desa untuk masyarakat kota.

Bu Rudy berusaha memberikan  suasana kekeluargaan di tempat kerjanya. Kunci sukses menurut beliau adalah mengenal karyawan dari bawah.

Amal Baik

Wanita yang sering juga dipanggil dengan sapaan akrab “cik Lanny” ini, rutin untuk berbagi dengan sesama. Banyak sekali kegiatan amal yang beliau prakarsai demi rasa kemanusiaan dan kebersamaan sebagai sesama ciptaan Tuhan.

Baca Juga: Modal Minimal Untung Maksimal Bisnis Sambal Kemasan

Inspirasi UMKM Indonesia

harga sambel bu rudi

24 Tahun sudah brand bu Rudy berkembang dan meroket. Produk sambal kemasannya menjadi inspirasi bagi pelaku usaha kuliner dan makanan kemasan. 

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali UMKM yang mencoba mengikuti jejak beliau. Sebut saja salah satunya sambal kemasan dengan merek Sambal BuKam. Sambal dengan 6 varian rasa ini salah satu pelaku usaha yang terinspirasi dari kesuksesan bu Rudy.

Bu Rudy juga kerap diundang ke berbagai seminar kewirausahaan sebagai narasumber.

Tidak hanya seputar kuliner saja, beliau pun juga sering dipanggil di banyak kampus untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa agar menjadi wirausahawan di kemudian hari.

Penutup

sambal bu rudy

Bu Rudy merupakan salah satu kisah wanita sukses di Indonesia. Tentu saja prestasi dan semangat beliau sangat layak untuk dijadikan contoh dan panutan bagi calon pelaku bisnis yang akan memulai usahanya.

Baca Selengkapnya

 

Peluang usaha sampingan