Ide Usaha Modal 500 Ribu Yang Bisa Anda Coba

Usaha modal 500 ribuSaat ini, ada banyak bisnis yang dapat dimulai meskipun hanya menggunakan uang seadanya. Bahkan, beberapa di antaranya hanya bermodal kurang dari 1 juta.

peluang usaha

Akan tetapi, dalam menjalankannya harus dibekali dengan bumbu-bumbu kreasi dan inovasi yang kekinian, tentunya dengan suguhan berbagai konsep menarik.

Secara tidak langsung, hal ini bisa mematahkan anggapan beberapa orang jikalau berbisnis harus membutuhkan banyak modal. Namun dalam menjalankannya harus disertai dengan kerja nyata.

Coba cek isi dompet Anda, apakah ada sisa uang di sana? Sebetulnya dengan nominal 500 ribu pun bisnis sudah bisa dijalankan, terlebih untuk mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun profesi lainnya.

Usaha Makanan Usaha Modal 500 Ribu

usaha modal 500 ribu usaha makanan

Bisnis makanan menjadi salah satu usaha yang bisa Anda coba, karena menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Cukup ciptakan menu andalan dan unik, tentu pelanggan akan melirik.

Banyak kedai makanan yang bisa Anda temukan di pinggir jalan bisa dijadikan inspirasi. Tidak hanya menjual makanan pada umumnya, mereka juga sudah berkreasi menciptakan jajanan ter-update

Jajanan kekinian yang sedang digandrungi oleh generasi milenial tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan. Hal ini pun bisa Anda jadikan peluang baru untuk berbisnis. 

Di samping itu, Anda juga bisa menjajal banyak menu andalan untuk dijadikan sebagai usaha makanan dengan modal 500 ribu saja. Cek berikut rekomendasinya: 

1. Aneka Gorengan 

Sampai sekarang, gorengan tidak pernah sepi peminat. Dengan memanfaatkan ketertarikan tersebut, bisa dijadikan peluang berbisnis makanan bagi dengan modal seminimal mungkin. 

Modal sebesar 500 ribu bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai peralatan penggorengan, seperti wajan, spatula, kompor, dan alat lainnya. 

Sisa dari modalnya, bisa Anda gunakan untuk membeli bahan-bahan aneka gorengan, seperti tepung, perasa, pisang dan sejenisnya. Pastikan pula menyuguhkan rasa yang menggoyang lidah.

2. Roti Bakar 

Usaha makanan selanjutnya yang bisa Anda coba dengan modal 500 ribu adalah roti bakar. Jajanan satu ini cukup populer untuk dinikmati, terlebih saat malam hari tiba.

Beberapa peralatan yang perlu Anda beli tidak akan menyentuh nominal 500 ribu. Selain itu, bahan-bahannya pun cukup terjangkau, seperti roti, meses, selai, mentega atau perasa lainnya. 

Anda bisa memulainya di tempat umum yang cukup ramai pengunjung (di malam hari), seperti alun-alun dan taman kota. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjajakannya di event tahunan. 

3. Jagung Bakar 

Selain roti bakar, jajanan berupa jagung bakar juga masih populer di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang sering menikmati suasana malam. 

Mengingat bahwa bahannya tidak membutuhkan uang yang banyak serta peminatnya juga cukup ramai, tentu Anda bisa mulai memulai usaha jagung bakar dengan modal hanya 500 ribu saja. 

Untuk melengkapinya, Anda bisa menyediakan beberapa menu minuman hangat seperti kopi susu atau teh panas. Dengan begitu pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli. 

4. Bubur Ayam 

Tentu Anda sudah sering menjumpai di pinggiran jalan bahwa penjual bubur ayam tidak pernah sepi peminat. Menu ini cukup populer bagi masyarakat untuk dijadikan pilihan sebagai hidangan sarapan. 

Biasanya bubur ayam akan ramai jika dijual di pagi hari dan memilih tempat yang strategis seperti pusat kota dan alun-alun. Selain itu, jangan lupa untuk menjajakannya pada saat car free day. 

Anda bisa meracik menu bubur ayam sendiri yang berbeda daripada lainnya. Beberapa bahan utamanya yaitu, beras, suwiran ayam, kacang tanah dan tidak lupa untuk membuat kuahnya. 

5. Pesanan Kue 

Berbagai jenis olahan kue memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang dalam menyiapkan hidangan berbagai acara, seperti arisan, seminar, pengajian, pernikahan atau lainnya. 

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkannya guna membuka usaha pesanan berbagai macam kue di rumah. Gunakan modal 500 ribu tersebut untuk membeli bahan utama seperti tepung-tepungan. 

Terutama jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tata boga. Cukup gunakan kemampuan tersebut dan tambahkan dengan kreasi unik yang kekinian, tentu kue-kue homemade akan laris terjual. 

6. Tahu Bulat 

Jajanan ini sempat viral akhir-akhir ini, bahkan sampai sekarang tahu bulat masih ramai pelanggan. Terbukti dari banyaknya penjual yang masih eksis menjualnya di jalanan. 

Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa bahan utama seperti tahu bulat, minyak goreng dan juga perasa. Selain itu, jangan lupa menyiapkan peralatan penggorengan berupa wajan dan spatula. 

Namun, buatah tahu bulat yang sehat dan higienis kepada pelanggan terutama anak-anak. Anda bisa menggunakan bumbu versi rumahan agar lebih aman saat dikonsumsi. 

7. Rujak 

Meskipun sudah lama tersebar di berbagai daerah, rujak masih menjadi menu favorit bagi sebagian orang. Tentu Anda sering menjumpai ibu-ibu rumah tangga menjual makanan ini di depan rumahnya. 

Tanpa harus membuat warung atau gerobak keliling untuk berdagang, Anda sudah bisa berjualan rujak cukup di depan rumah. Namun pastikan dulu bahwa tempat tinggal memang cukup strategis. 

Ada dua pilihan variasi, antara rujak sayur ataupun rujak buah. Selain itu, sediakan juga beberapa menu tambahan seperti minuman hangat dan kerupuk yang bisa dinikmati oleh pelanggan. 

8. Jajan Pasar 

Jajan pasar memang memiliki jenis yang beragam dengan keunikan rasanya masing-masing. Jajanan ini masih sering dicari oleh kebanyakan orang untuk dinikmati di rumah atau berbagai acara. 

Melihat peluang tersebut, Anda bisa memulai berjualan jajanan pasar dengan menyuplainya dari produsen secara langsung. Nantinya buatlah harga sendiri untuk memperoleh keuntungan. 

Untuk memasarkannya, Anda bisa memulainya dengan memasang banner di depan rumah. Lama kelamaan pelanggan pun akan tertarik dan mulai mencoba membelinya.

Usaha Minuman Usaha Modal 500 Ribu

usaha modal 500 ribu usaha minuman

Selain makanan, Anda juga bisa memulai bisnis usaha modal 500 ribu dengan berjualan minuman. Banyak menu andalan yang kini sedang diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Beberapa di antaranya bukan berasal dari Indonesia, namun sukses menarik perhatian warga tanah air, seperti Thai Tea. Tentu Anda sudah pernah merasakan nikmatnya minuman tersebut bukan?

Selain itu, banyak juga minuman asli Indonesia yang tidak kalah menariknya seperti es dawet, es oyen, es campur dan masih banyak lainnya. 

Nyatanya usaha minuman ini memang sudah tersebar di sekitar Anda. Jika tertarik mencobanya, gunakan modal sebesar 500 ribu untuk menjalankan usaha berikut ini: 

1. Warkop 

Tidak hanya kalangan tua saja, akhir-akhir ini warung kopi memang sedang digandrungi oleh generasi muda untuk menghabiskan waktunya. Baik mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong.

peluang usaha

Anda bisa menyulap ruangan yang sebelumnya tidak terpakai menjadi warung kopi sederhana, namun terlihat estetik menggunakan peralatan seadanya. 

Agar terlihat menarik lagi, jangan lupa sediakan beberapa hidangan kecil seperti gorengan. Namun pastikan harga menyasar kalangan menengah ke bawah.

2. Thai Tea 

Minuman yang satu ini tentu sudah familiar di seluruh hati masyarakat. Memiliki rasa manis khas dengan perpaduan teh tersebut, sukses membuatnya disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Bahan utama untuk.memulai berjualan produk ini tidak akan melebihi dari 500 ribu. Cukup berjualan di depan rumah yang menjadi tempat strategis akan menarik banyak pelanggan. 

Modal sebesar itu bisa Anda gunakan untuk membeli thai tea instant dan beberapa topping lainnya. Lalu sisanya dapat digunakan menyiapkan bahan lain seperti sedotan beserta gelas plastik.

3. Dalgona Coffee

Apakah Anda sudah mengetahui betapa terkenalnya dalgona coffee satu ini? Minuman kocok dengan bahan utama dari gula, kopi dan susu ini sukses membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. 

Akan tetapi banyak di antaranya yang mengalami kegagalan saat mencobanya dan berakhir tidak berhasil membuatnya. Pengalaman ini bisa Anda jadikan peluang untuk berjualan dengan kreasi lain. 

Oleh karena itu, pahami dahulu cara membuatnya dan pastikan bahwa rasanya terbukti lezat. Setelah itu, cobalah beberapa kali eksperimen hingga menemukan resep yang pas dan konsisten. 

4. Bubble Tea 

Minuman populer yang tidak kalah menariknya dari dalgona coffee adalah bubble tea. Banyak orang menyebutnya sebagai boba. Rasanya pun memang cukup unik. 

Meskipun sudah banyak orang menjualnya, namun Anda bisa menggunakan beberapa varian terbaru agar memiliki keunikan dan rasa berbeda daripada yang sebelumnya. 

Melalui modal 500 ribu saja, sudah bisa digunakan untuk membeli bahan seperti, tepung tapioka, teh, susu, pemanis dan lainnya. Jangan lupa untuk mempromosikannya secara online.

5. Es Kopi Susu 

Minuman es kopi susu memang sedang terkenal di kalangan masyarakat terutama untuk generasi muda yang sering nongkrong di kafe. Bahkan, menjadi andalan bagi beberapa kedai terkenal di Indonesia. 

Maka dari itu, Anda bisa membuatnya versi homemade dan tentu rasanya tidak kalah lezat dari es kopi susu ala bintang 5. 

Untuk meraciknya, Anda tidak membutuhkan peralatan lengkap seperti di kafe pada umumnya. Namun gunakan saja French press dan beberapa bahan, seperti kopi hitam, susu cair dan gula aren. 

6. Alpukat Kocok 

Berbeda dengan minuman sebelumnya tanpa menggunakan buah sekalipun, menu selanjutnya bisa Anda coba memakai alpukat sebagai bahan utamanya. 

Sesuai namanya, minuman ini dibuat dengan cara mengocok alpukat manual namun tidak sampai halus. Setelah itu, ditambahkan beberapa topping seperti meses coklat dan susu kental manis.

Dengan modal sebesar 500 ribu, Anda sudah bisa menyiapkan beberapa bahan seperti, buah alpukat, es batu, susu kental manis, meses beserta peralatan seperti gelas plastik, sendok plastic dan lainnya. 

7. Minuman dengan Topping Regal 

Minuman ini terasa unik dan semakin manis karena adanya topping regal di atasnya. Hidangan ini cukup terkenal di beberapa kalangan, sebab disajikan di kafe terkenal di Indonesia.

Rasanya yang manis didominasi dengan susu tentunya akan cocok dijadikan campuran berbagai minuman seperti kopi susu, teh susu, es susu, teh dan masih banyak lagi. 

Tanpa membutuhkan bahan yang banyak, Anda bisa memulai bisnis ini dengan menyiapkan peralatan terlebih dahulu seperti gelas plastik, sedotan, sendok plastik dan kantong plastik. 

8. Milkshake 

Milkshake memiliki rasa yang manis dan segar karena didominasi oleh susu kental manis saat membuatnya. Tentu sajian ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan masyarakat. 

Hampir setiap restoran ataupun café sudah menyediakan menu ini. Anda pun bisa ikut menjualnya dengan versi rumahan yang tentunya rasanya tidak kalah enaknya. 

Beberapa bahan yang wajib Anda siapkan adalah susu kental manis, es batu, air dan es krim coklat atau varian lainnya. Selanjutnya masukkan seluruhnya ke blender dan siap untuk dijadikan bisnis.

Usaha Bisnis Usaha Modal 500 Ribu

usaha modal 500 ribu usaha lainnya

Tidak hanya makanan dan minuman saja, Anda bisa melihat peluang bisnis cukup di lingkungan sekitar. Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan apa yang sering dicari oleh masyarakat.

Contoh kecilnya saja, masyarakat selalu membutuhkan pulsa elektrik dimanapun mereka berada. Terutama jika berada di pedesaan dimana penjualnya masih belum sering dijumpai seperti di kota.

Pada umumnya, berbisnis yang mudah bisa dimanfaatkan dari keahlian dan kemampuan dari diri sendiri. Jika Anda memiliki kelebihan tertentu, maka gunakanlah untuk memulai usaha. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis yang bisa Anda lakukan hanya menggunakan modal sekitar 500 ribu saja:

1. Tambal Ban di Depan Rumah 

Bagi Anda yang memiliki keahlian lebih dalam bidang otomotif, bisa memanfaatkannya untuk berbisnis kecil-kecilan dengan membuka bengkel di depan rumah dengan modal 500 ribu saja. 

Jika Anda belum begitu yakin untuk mulai membuka jasa bengkel berskala besar, cobalah dengan menyediakan jasa tambal ban sementara. 

Peralatan yang dibutuhkan pun tidak akan begitu banyak. Anda bisa mempersiapkan beberapa alat seperti kompressor, karet penambal, tang, karet pentil dan lainnya. 

2. Jasa Service Handphone 

Handphone menjadi kebutuhan bagi banyak orang, bahkan penggunanya semakin meningkat. Apabila alat komunikasi ini rusak tentu mengganggu aktivitas penggunanya dan ingin segera memperbaikinya. 

Tentunya jasa service akan dibutuhkan oleh banyak orang, terutama jika Anda mendirikan tempat usaha di kawasan desa yang pada umumnya masih jarang dijumpai layanan semacam itu. 

Cukup menyiapkan beberapa alat yang sekiranya dibutuhkan untuk keperluan service, maka usaha pun bisa dimulai. Agar lebih nyaman, ajaklah beberapa teman dengan keahlian serupa. 

3. Berjualan Pulsa Elektrik

Selain menyediakan jasa service handphone, Anda juga bisa membuka kedai pulsa elektrik. Tentunya hal ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. 

Pulsa yang menjadi kebutuhan semua orang bisa Anda jadikan peluang bisnis baru. Cukup cari supplier terkenal untuk mendapatkan barang dengan harga paling murah. 

Anda tidak butuh banyak peralatan dalam berjualan pulsa (hp saja). Namun terkadang, banyak orang yang berhutang dan menyebabkan modal berhenti berputar (bisa menyebabkan bangkrut).

4. Berjualan Pulsa Listrik 

Selain pulsa elektrik, Anda juga bisa berjualan pulsa listrik. Tentunya layanan tersebut akan dibutuhkan oleh semua orang baik di desa maupun di kota. 

Anda bisa memulainya dengan menyiapkan beberapa peralatan seperti, buku tulis dan bolpoin untuk mencatat nomor tujuan dari pelanggan. Kemudian pembelian pulsa bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Selain itu, Jangan lupa untuk memasang banner di depan rumah agar banyak orang melihatnya dan tertarik untuk membelinya. Namun jangan mengambil untung terlalu banyak jika mau ramai pembeli.

5. Jasa Jahit Rumahan 

Bisnis jahit rumahan bisa menjadi pilihan karena banyak orang membutuhkannya (terutama di kawasan yang memang ramai penduduk). Namun pastikan sesuai deadline dalam pengerjaan (jangan molor). 

Dengan modal 500 ribu, belilah mesin second, kemudian siapkan beberapa benang berbagai warna, dan meteran untuk mengukur panjang dan lebar dari tubuh pelanggan. 

Jangan lupa memasang banner di depan rumah agar orang-orang mengetahuinya. Jikalau hasilnya bagus, tidak menutup kemungkinan banyak pelanggan yang merekomendasikan jasa Anda.

6. Jasa Permak 

Berbeda dengan jasa jahit, Anda bisa membuka jasa permak secara khusus. Pada umumnya pelanggan akan menggunakan layanan ini untuk mengecilkan celana jeans mereka. 

Kain jeans yang memiliki karakteristik kain cukup tebal tentunya sulit jika dipermak sendiri. Oleh karena itu, pelanggan cenderung memilih cara instan walaupun harus merogoh kocek lebih dalam. 

Peralatan yang perlu dipersiapkan pun juga hampir sama seperti jasa jahit, namun lebih baiknya jika Anda membuka layanan ini tidak hanya di rumah melainkan di tempat ramai. 

7. Jasa Wenter Jeans 

Banyak orang yang mengalami bahwa warna jeans-nya telah memudar. Hal ini bisa membuat penampilan mereka akan kurang menarik lagi jika dikenakan. 

Maka dari itu, banyak jasa wenter jeans yang bermunculan untuk memperkuat kembali warna dari berbagai pakaian tersebut. 

Anda cukup menyediakan area yang cukup luas untuk merendam dan menjemur jeans. Kemudian jangan lupa menyiapkan pewarna sesuai pakaian. Bahkan, harga wenter itupun tidak sampai 50 ribu rupiah.

8. Jasa Make Up 

Bagi kaum Hawa, dunia kosmetik memang tidak bisa dijauhkan dari diri mereka. Itu sebabnya, jika Anda memiliki keahlian merias wajah seseorang, secara tidak langsung memiliki peralatannya. 

Anda bisa memanfaatkan keahlian dan peralatan lengkap tersebut untuk memulai membuka usaha merias wajah. Sebab, bisnis ini akan ramai jika ada acara penting seperti wisuda dan juga pernikahan. 

Anda cukup melengkapi beberapa perlengkapan make up dengan modal sebesar 500 ribu tersebut. Namun, pastikan hasilnya tetap terlihat menawan walaupun menggunakan peralatan seadanya. 

Usaha Lainnya Usaha Modal 500 Ribu 

usaha modal 500 ribu usaha modal 500 ribu

Jika Anda kurang tertarik untuk memulai beberapa usaha di atas, maka cobalah lebih kreatif lagi dalam menemukan peluang bisnis yang ada di sekitar.

Maka dari itu, tidak heran jika menjumpai banyak kalangan muda yang sudah mulai berbisnis tanpa membutuhkan modal banyak. 

Bahkan Anda juga bisa mencoba salah satu usaha yang diyakini tidak membutuhkan modal sama sekali (kurang dari 500 ribu). 

Menariknya lagi, bisnis ini banyak sekali peminatnya karena menjanjikan keuntungan lumayan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melirik beberapa rekomendasi berikut: 

1. Reseller 

Tanpa harus memproduksi, Anda bisa menjual berbagai produk dari produsen aslinya. Selanjutnya baru dijual kembali ke pelanggan dengan mengambil keuntungan sesuai kesepakatan. 

Reseller ini bisa Anda coba dengan pilihan berbagai produk. Pada umumnya barang yang kini sedang digemari banyak orang adalah fashion baik untuk pria maupun wanita. 

Tipsnya adalah Anda bisa memulai menjadi reseller produk di bawah 500 ribu. Hal ini harus dibarengi dengan memilih produsen yang terpercaya sehingga produknya juga berkualitas untuk dijual kembali. 

2. Dropshipper 

Berbeda dengan reseller, bisnis menjadi dropshipper tidak mengharuskan Anda untuk membeli produk sebelumnya. Melainkan hanya ikut mempromosikan barangnya saja. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus menyediakan area penyimpanan untuk barang sementara. Selain itu juga tidak perlu khawatir jika barang belum habis terjual. 

Anda cukup menggunakan kecanggihan teknologi berupa smartphone serta akses internet bermodal kurang dari 500 ribu. Kemudian promosikan barang dari produsen yang telah dipilih. 

3. Les Privat 

Jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam mengajar, maka bukalah jasa untuk les privat bagi anak sekolah. Pilihlah jenjangnya sesuai dengan keahlian baik bagi pelajar SD, SMP maupun SMA. 

Tidak membutuhkan banyak peralatan, Anda cukup menyiapkan beberapa alat wajib seperti buku tulis dan alat tulis pendukung. Terutama jika mengajar anak-anak SD agar bisa menarik perhatiannya. 

Selain les privat, Anda juga bisa membuka jasa mengajar di rumah jika memang memiliki ruangan yang memadai. Dengan begitu, siapkan peralatan pendukung seperti meja lipat dan papan tulis. 

4. Menulis Blog

Tidak hanya menjadi hobi saja, seorang blogger bisa Anda jadikan pilihan untuk mulai berbisnis. Nantinya buatlah konten menarik dan relevan bagi calon pembaca di internet. 

Modal sebesar 500 ribu tadi bisa Anda gunakan untuk membeli layanan hosting semampunya. Fitur tersebut dapat mendukung bagaimana blogger dalam mengelola blognya. 

Terutama jika Anda sudah memiliki laptop dan kemampuan dalam menulis artikel. Hal terpenting adalah buatlah konten yang bisa menarik minat membaca dari pengguna internet. 

5. Menjadi Endorser 

Nyatanya menjadi endorser juga bisa Anda lakukan untuk memulai usaha tanpa harus memiliki modal yang banyak. Cukup gunakan keahlian dalam berpose maka hal ini akan mudah dilakukan. 

Pada umumnya, Anda bisa mahir menjadi seorang endorser jika mahir untuk berpose di depan kamera. Selanjutnya jangan lupa tambahkan efek editing demi memperbagus foto maupun video. 

Menariknya lagi, selain Anda mendapatkan keuntungan, bisnis ini juga bisa membuat para endorser memperoleh produknya secara gratis. Sangat menguntungkan, bukan? 

6. Jasa Fotografer 

Dalam berbagai acara, profesi menjadi fotografer tentu akan dibutuhkan untuk mengabadikan momen. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang fotografi, maka mulailah berbisnis menggunakan keahlian ini. 

Manfaatkan keahlian Anda dalam bidang fotografi tersebut, demi memenuhi kebutuhan orang-orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan dan lainnya. 

Anda bisa memasang tarif fotografer yang sesuai dan tidak jauh dari pasaran. Selain itu, pasanglah dalam satuan waktu tertentu sehingga memudahkan pelanggan dalam menggunakan jasa ini. 

7. Jasa Gambar 

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang seni terutama menggambar, maka manfaatkanlah untuk mulai berbisnis. Pada umumnya, jasa gambar secara manual membutuhkan kertas dan alat tulis. 

Anda bisa memajang beberapa portofolio pada sosial media untuk menarik pelanggan. Pada umumnya, kreasi ini bisa digunakan sebagai kado atau hanya pajangan pribadi saja. 

Untuk menambah daya tarik tersendiri, Anda bisa menambahkan frame atau hiasan lainnya. Lalu bungkuslah dengan kemasan yang menarik. 

8. Jual Buket Bunga 

Buket bunga kini semakin digemari bagi beberapa kalangan untuk memberikan ucapan selamat bagi orang tersayang saat momen terindah seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda atau sidang skripsi. 

Sebagai mahasiswa, Anda bisa menggunakan peluang ini untuk menyediakan berbagai jenis buket sesuai pesanan. Pada umumnya pelanggan akan memesan berdasarkan keinginannya. 

Dengan modal sebesar 500 ribu, Anda cukup menyiapkan beberapa bahan seperti bunga hidup ataupun mati, kertas kado atau manila sesuai selera dan peralatan lain berupa gunting dan lem. 

Beberapa rekomendasi di atas bisa Anda gunakan untuk memulai usaha modal 500 ribu. Jangan heran jika nyatanya banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan walaupun tidak memiliki uang banyak. 

Intinya, selain memanfaatkan kelebihan yang dimiliki, Anda juga bisa berbisnis melalui hobi yang sedang asyik dijalankan. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

Reseller makanan