101 Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan Paling Populer

Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan - Tak terasa bulan Ramadhan sudah di ambang pertemuan. Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat Muslim se-dunia.

Pasalnya, di bulan ini banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang tidak akan diperoleh pada bulan bulan yang lain.

Limpahan pahala dan ampunan  yang berlipat lipat akan diturunkan di bulan tersebut, tentu saja hal ini menjadi keberkahan tersendiri untuk umat Muslim, dan akan menambah antusias kita dalam menyambut kedatangannya.

Sejarah Ramadhan

Menurut sejarah Islam, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling utama diantara bulan bulan yang lain.

Ada beberapa peristiwa sakral yang terjadi di waktu itu, yang pengaruhnya masih terasa sampai sekarang.

berikut ini adalah 3 peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan:

1. Diturunkannya Kitab Suci Al-Quran di Bulan Ramadhan 

Menurut sejarah, pada tanggal 17 Ramadhan (13 tahun sebelum Hijriyah), wahyu pertama yang nantinya menjadi bagian dari kitab suci AL-Quran diturunkan ke dunia.

Wahyu ini turun pada waktu Nabi Muhammad S.A.W melakukan ritual khalwat di sebuah tempat yang bernama gua Hira.

Waktu itu Nabi Muhammad S.A.W beribadah dengan mengikuti tata cara dari kakek Beliau, Nabi Ibrahim A.S. Ritual ibadah yang dilakukan adalah dengan menyendiri dan menjauh dari keramaian manusia. 

Menurut ahli astronomi, Syekh Mahmud Basya, 17 ramadhan waktu itu diperkirakan jatuh pada awal Februari tahun 610 Masehi. 

2. Terjadinya Perang Badar DI Bulan Ramadhan

ramadhan perang badar
sumber: wawasansejarah.com

Pada bulan itu juga terjadi peristiwa yang menjadi awal kejayaan umat muslim. Dikisahkan bahwa telah terjadi perang antara kaum Muslimin dengan kaum yang menolak keberadaan Islam di sana. 

313 pasukan Badar berhasil mengalahkan kurang lebih 950 orang dari suku Quraisy, yang pastinya hal ini menjadi sejarah besar yang tercatat bagi umat Muslim hingga sekarang.

Peristiwa perang badar ini terjadi pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan Tahun 2 Hijriyah, atau perkiraan bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi

3. Pembebasan Kota Suci Mekkah di Bulan Ramadhan

Tanggal 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah umat Muslim berhasil menaklukan kota Mekkah pada waktu itu. Peristiwa itu dikenal dengan nama Fathul Mekkah.

Peristiwa tersebut juga awal dari kebebasan umat Muslim untuk melakukan ibadah di Ka'bah hingga sekarang.

Persiapan Bulan Ramadhan

Di Indonesia, bulan Ramadhan sangat berpengaruh didalam segala aktivitas dan suasana.

Mulai dari masjid dan musholla, sekolah sekolah, perkantoran, pasar tradisional, pasar modern, semua kegiatan akan naik dengan signifikan. 

Bulan Ramadhan juga sangat berpengaruh di sektor perekonomian dari hulu sampai ke hilir.

Mulai dari naiknya harga bahan pokok makanan, hingga naiknya harga tiket transportasi umum di penghujung Ramadhan nanti.

Nah, apa saja yang perlu disiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan?

Baca Juga: Raih Peluang Omset Harian di Bulan Ramadhan

Persiapan Ibadah

1. Meneguhkan Niat

Segala sesuatu berawal dari niat. Termasuk mempersiapkan niat yang ikhlas dan memantapkan hati untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Agar ibadah kita bisa berjalan dengan lancar.

2. Memperbanyak Taubat

Tak ada satu manusiapun yang akan luput dari kesalahan dan dosa selama masih hidup di dunia ini.

Manfaatkan momentum Ramadhan ini sebagai sarana untuk memohon ampunan, dan memperbaiki diri agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya.

3. Memperbanyak Ibadah Sunnah

Pahala yang berlimpah akan diberikan kepada umat muslim di bulan Ramadhan. Hal itu hendaknya membuat kita lebih semangat untuk mengerjakan ibadah ibadah selain yang diwajibkan.

Harapannya agar setelah bulan suci ini berlalu, kita juga bisa tetap melakukannya dengan istiqomah.

4. Memperbanyak Membaca Al-Quran

alquran ramadhan
sumber: tribun.com

Setiap menginjak bulan suci ini, pasti kita akan lebih sering mendengarkan alunan ayat ayat suci Al-Quran di berbagai tempat.

Masjid dan musholla saling bersahutan mengumandangkan ayat ayat suci Tuhan. Kita sebagai umat muslim hendaknya juga meningkatkan ritme bacaan Al-Quran kita, baik dilakukan secara sendiri, maupun secara berkelompok.

5. Membayar Qadha Puasa Sebelumnya

Sebelum masuk di dalam bulan puasa, hendaknya kita menambal puasa kita yang barangkali pernah tertinggal di waktu sebelumnya.

Apalagi bagi kaum wanita yang mengalami halangan waktu melaksanakan ibadah ini. 

6. Memperbanyak Zikir

Memperbanyak zikir mampu membuat hari kita lebih lega dan terhindar dari segala keburukan.

Tentunya dalam memasuki bulan Ramadhan ini, kita berharap agar hati dan pikiran bisa lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan ibadah. 

7. Memperbanyak Sholawat

sholawat menu buka puasa senin kamis

Sudah sepatutnya kita mendawamkan sholawat agar jiwa kita tersambung kepada Nabi Muhammad S.A.W. Terutama pada saat akan memasuki bulan Ramadhan.

Ibadah Puasa

Puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah ibadah wajib sekaligus rutinitas yang sudah menjadi lazim di dunia khususnya di negara Indonesia. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menjalankan ibadah mulia ini.

  • Awal Mula Perintah Puasa

Dikutip dari website nu.or.id, perintah kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan baru diturunkan pada tahun ke 2 Hijriyah.

Sebelum turunnya perintah ini, umat Islam hanya dianjurkan berpuasa pada 3 hari di pertengahan bulan, yang dikenal dengan istilah Ayyamul Bidh.

Sebelum agama Islam diturunkan, puasa  juga sudah menjadi sebuah ritual ibadah yang rutin dilakukan, sebagaimana tertulis di penggalan ayat “Diwajibkan atas orang orang sebelum kamu”.

Hanya saja pada waktu itu perintah dan detail tata caranya belum dirumuskan.

  • Tradisi Puasa di Indonesia

Indonesia mempunyai tradisi tersendiri dalam menyambut bulan puasa. Keberagaman suku bangsa dari sabang sampai merauke membuat khazanah budaya puasa menjadi berwarna. 

Setiap warga negara yang menjalankan ibadah puasa akan mempunyai kegiatan khusus di bulan Ramadhan.

Terutama pada saat mempersiapkan makanan untuk berbuka ataupun melaksanakan sahur.

Hal yang unik terutama akan kita dapati di waktu sahur. Sebagian besar masyarakat kita masih menjalankan tradisi “gugah sahur”.

Tradisi ini dilaksanakan 2 jam atau 1 jam menjelang waktu sahur tiba, dengan cara berkeliling dan melakukan bunyi bunyian yang tujuannya agar orang yang sedang terlelap bisa terbangun, agar supaya dapat melaksanakan ibadah sahur.

Begitu pula di waktu buka puasa tiba. Tradisi “buka bersama” akan mewarnai awal awal puasa di bulan Ramadhan. 

Baca Juga: Raih Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Persiapan Buka Puasa dan Sahur

buka puasa ramadhan
sumber: merdeka.com

Kegiatan yang signifikan akan tampak pada kegiatan masak memasak. Terutama pada kaum wanita, guna menyiapkan sesuatu sebagai menu buka puasa ataupun menu sahur.

Tentu saja hal ini harus kita persiapkan secara matang, agar ibadah puasa diharapkan bisa lancar sampai di penghujung Ramadhan.

Ngabuburit

Asal istilah ini berasal dari bahasa Sunda yaitu “burit”. Arti burit adalah waktu menjelang sore, yang kemudian istilah ini dipakai untuk saat saat berbuka puasa.

Takjil

Didalam berbuka sering kali kita mendengar istilah “takjil”. Takjil sendiri merupakan serapan dari bahasa Arab.

Dalam bahasa aslinya istilah takjil merupakan turunan dari asal kata ja'ala yang artinya menyegerakan. Takjil kemudian menjadi istilah dalam bahasa Indonesia yang diartikan sebagai “menu ringan untuk berbuka”.

Pilihan Menu Untuk Buka Puasa

Berikut dibawah ini beberapa daftar menu hidangan yang dijadikan pilihan saat berbuka puasa:

1. Kurma

menu buka puasa
sumber: pixabay

“Berbukalah dengan yang manis”. Kalimat ini pasti akan sering kita dengar saat memasuki bulan puasa Ramadhan. Kurma adalah pilihan yang tepat untuk takjil yang manis sebagai pembuka puasa. 

Saat berbuka puasa kita sangat dianjurkan mengkonsumsi sesuatu yang manis, karena  selain dapat mengembalikan energi dan asupan gizi setelah seharian berpuasa, mengkonsumsi kurma juga mempunyai nilai nilai ibadah didalam agama Islam

2. Salad Buah

salad buah menu buka puasa
sumber: pixabay

Saat melakukan ibadah puasa, tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin dan serat yang cukup. Salad yang terdiri dari sayuran dan buah, serta bumbu mayonaise bisa menjadi pilihan yang sangat disarankan. 

Selain rasanya yang lezat, salad buah juga kaya akan vitamin dan serat yang diperlukan oleh tubuh selepas melakukan ibadah puasa seharian.

Baca Juga: Modal Minimal Profit Maksimal di Bulan Ramadhan

3. Sup Ayam

sup ayam menu bulan ramadhan
sumber: masakapahariini.com

Sup ayam kaya akan protein dan vitamin. Ayam yang diolah menjadi sup tidak akan membuat airnya menjadi sia sia. Karena semua kandungan protein dan nutrisinya akan terkandung didalam air sup tersebut.

4. Tahu dan Tempe Pedas

tahu tempe menu buka puasa
sumber: royco.co.id

Hampir semua masyarakat indonesia pecinta pedas. Rasa rasanya bersantap makan jika tanpa citarasa pedas akan terasa ada yang kurang. Tahu dan Tempe adalah salah satu menu favorit orang Indonesia. Apalagi jika dikombinasi dengan cita rasa sambal yang lezat, pastinya akan menambah nikmatnya buka puasa.

5. Pepes Ikan

pepes ikan
sumber: bisnisukm.com

Negara kita termasuk negara penghasil ikan terbanyak. Ikan juga salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Menu makanan buka puasa Anda pun akan lengkap jika tersaji pepes ikan didalamnya. 

 6. Kolak Pisang

kolak pisang menu bulan ramadhan
sumber: halodoc.com

Kolak Pisang adalah salah satu menu favorit jika ingin berbuka dengan yang manis. Aroma kayu manisnya dijamin akan menambah selera makan. Menu ini cocok untuk menu buka puasa sederhana.

7. Es Kelapa Muda

es kelapa muda menu buka puasa
sumber: hellosehat.com

Anda sedang mencari menu buka puasa yang segar? Minuman yang satu ini juga menjadi salah satu favorit di bulan Ramadhan. Air kelapa mengandung kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin C. Pastinya, kandungan tersebut sangat bagus untuk pengganti cairan tubuh. Kelapa muda yang segar cocok sekali untuk minuman buka puasa.

8. Soto Ayam

soto ayam menu buka puasa
sumber: merdeka.com

Rasa rasanya menu yang satu ini juga merupakan menu favorit disaat buka puasa. Kuahnya yang gurih bikin selera makan bertambah. Apalagi disajikan waktu agak panas.

9. Pancake

menu ramadhan pancake
sumber: resepcaramemasak.info

Menu yang satu ini dijamin bisa membuat nikmat dan segar saat berbuka. Wafel yang lembut dengan selai coklat diatasnya akan terasa sangat nikmat di penghujung puasa.

10. Kacang Hijau

kacang hijau buka puasa

Menu ini cocok sekali untuk Anda yang punya gejala sakit maag. Strukturnya yang lembut dapat memberikan rasa nyaman di perut saat berbuka. Kacang hijau juga sangat dianjurkan untuk penderita anemia. Makanan ini juga sangat dicari sebagai takjil buka puasa.

Baca Juga: Dapatkan Penghasilan Tambahan di Bulan Ramadhan

11. Sambal Cumi

sambal cumi kemasan
sumber: sambalbukam.com

Anda pecinta pedas? Pilihan yang satu ini tentu tidak bisa dilewatkan sebagai hidangan buka puasa. Sambal cumi dengan bumbu rempah khas Semarang ini pastinya akan sangat nikmat, walau disantap hanya dengan nasi putih saja. 

12. Es Dawet

hidangan buka puasa es dawet
Sumber: Pixabay

Minuman asal kota Banjarnegara ini sudah populer di kalangan masyarakat. Minuman yang terdiri dari tepung beras ketan, dan dilumuri gula merah cair, akan memberikan sensasi tersendiri disaat waktu maghrib tiba.

13. Gado Gado

hidangan berbuka puasa gado gado

Bagi vegetarian, hidangan ini pasti menjadi pilihan utama. Kombinasi sayuran dan tahu, serta bumbu kacangnya yang khas, akan selalu menjadi yang terpopuler di kalangan vegetarian.

14. Rujak Cingur

buka puasa ramadhan rujak cingur
sumber: sajiansedap.grid.id

Makanan khas Surabaya yang terdiri dari kedondong, timun, daging lidah sapi, dan sayuran lainnya. Tentu saja disiram bumbunya yang khas, pasti akan menambah selera makan.

14. Tempe Mendoan

menu buka puasa tempe mendoan
sumber: brilio.net

Tempe mendoan cocok sekali untuk Anda yang ingin buka puasa secara praktis. Apalagi jika ditengah tengah perjalanan. 

15. Mie Goreng Instan

menu buka puasa indomie goreng
sumber: pegipegi.com

Kita rasa menu yang satu ini mampu membangkitkan selera makan kita. Mie goreng instan sangat cocok untuk yang menginginkan menu buka puasa yang sederhana dan praktis.

16. Ketoprak Jakarta

ketoprak makanan buka puasa

Makanan khas betawi ini masih eksis hingga sekarang. Ketporak jakarta ini sekarang bisa dijumpai dimana saja, tidak hanya di Jakarta.

Baca Juga: Dapatkan Omset Harian Tambahan di Bulan Ramadhan

17. Sayur Asem

menu buka puasa sederhana dan praktis sayur asem
sumber: tastemade.com

18. Nasi Padang

menu buka puasa nasi padang

Bisa dibilang nasi padang adalah fast foodnya Indonesia. Selain banyak pilihan lauk, sambal bumbu padangnya yang khas juga akan selalu dirindukan saat berbuka.

19. Ayam Bakar

makanan buka puasa ayam bakar

Bagi pecinta panggang, Ayam bakar ini juga sangat cocok. Aapalagi disajikan dengan sambal bawang.

20. Rujak Buah

menu buka puasa sederhana

Menu sederhana ini kaya akan serat dan vitamin. 

*Daftar menu ini akan terus kita update... sampai 101...

Baca Selengkapnya

 

Peluang usaha sampingan