Bandeng Duri Lunak Khas Semarang

Bandeng duri lunak

Bandeng Duri Lunak Khas Semarang - Berlibur ke berbagai tempat wisata di Indonesia rasanya ada yang kurang jika tak sekaligus mencicipi aneka produk kulinernya, apalagai jika tidak membawanya pulang sebagai oleh-oleh yang unik dan khas dari kota tersebut.

Salah satu kota yang memiliki oleh-oleh dengan kuliner khas nan unik adalah kota Semarang.

Menurut data sejarah selain lumpia dan wingko babat, Semarang juga menawarkan bandeng duri lunak sebagai hasil olahan pangan khas kota ini.

Namus seiring berjalannya waktu nama produk ini sekarang lebih terkenal dengan sebutan bandeng presto.

Baca Juga: 8 Oleh Oleh Khas Semarang Yang Wajib DIcoba

Bagaimana tidak unik? makanan khas Semarang ini akan memberikan sensasi nikmat ketika menyantapnya. Karena duri ikan bandeng tersebut terasa sangat lunak dan lembut ketika dikunyah.

Rasa sedap dan gruih yang terasa dari bumbunya membuat bandeng duri lunak banyak diburu wisatawan.

Apalagi dioles dengan sambal bawang yang pedas manis, bakalan bikin lidah kita tidak bisa berhenti menikmatinya.

Bandeng duri lunak ini sebenarnya hasil dari inovasi yang dibuat warga Pati Jawa Tengah. Ikan bandeng duri lunak tercipta karena hasil kreatifitas untuk mengatasi duri duri yang terdapat di dalam daging ikan bandeng itu sendiri.

Namun sekarang bandeng duri lunak ini lebih populer sebagai oleh oleh khas Semarang.

Proses Pengolahan Bandeng Duri Lunak

Bandeng presto juwana

Proses pengolahan ikan bandeng dengan nama ilmiah chanos chanos ini cukup mudah. Peralatan utama yang dibutuhkan adalah kompor dan satu set panci presto.

Sebelum diolah, bandeng segar dibersihkan terlebih dahulu. Bagian dalam daging ikan dibersihkan dengan cara disayat kecil. Kemudian isi perut dan insang ditarik keluar.

Menariknya, sisik ikan ini tidak perlu dibersihkan, karena nantinya akan menjadi lunak juga dengan proses presto ini.

Setelah dibersihkan, panci presto dialasi daun pisang secukupnya. Fungsi daun pisang ini sendiri agar daging tidak lengket ke panci bertekanan tinggi.

lalu kemudian bandeng disusun rapi didalam panci. Bumbupun bisa mulai disiram keatas daging bandeng. Setelah itu panci ditutup dan mulai dimasak dengan tekanan tinggi.

Setelah matang, bandeng didinginkan terlebih dahulu agar tidak hancur saat diangkat.

Baca Juga: Sambal Cumi Khas Semarang

Kandungan Gizi Bandeng Duri Lunak

Oleh oleh bandeng duri lunak

Menurut data dari ahli gizi, bandeng merupakan ikan yang kaya akan protein. Dalam 100 gram bandeng terdapat kurang lebih 17 gram protein.

Dengan jumlah ini, maka menyantap daging bandeng 1 ekor saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein kita dalam sehari.

Jadi, kalau ke Semarang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

Peluang usaha sampingan